• Posted by : David Asc Official Blog Rabu, 14 Juni 2017

    Pengaruh Mata Kuliah Bagi Mahasiswa Transferan

    Hai semua apa kabar ? Pasti sehat kan ya, iyalah pasti hehe. Tidak terasa ya sudah setahun eskete dengan blog(?), maklum karena dari tahun lalu sibuk dengan perkuliahan. Hoi disini saya akan berbagi pengalaman lanjutan perkuliahan saya ke S1, yang didalamnya mengenai pengaruh mata kuliah bagi mahasiswa tranferan atau pindahan.

    Oke saya akan memperkenalkan diri, nama saya David Asi Christy Silitonga. Sedang berkuliah di Universitas Potensi Utama dengan jurusan Sistem Informasi (SI) masuk tahun 2016, yang pasti masuk kelas sore dong haha. Semester ? Yaa inilah yang agak bingung menjelaskannya. Sebelumnya saya sudah bilang lanjutan perkuliahan ke S1, berarti sebelumnya sudah tamat D3. Iya saya D3 di kampus LP3M Medan. Jadi ini sistem semesternya lompat lompat karena harus memenuhi sisa mata kuliah S1 yang ada di Potensi Utama, walaupun sebagian mata kuliahnya sudah diambil di D3 kemarin.
    Q : Berapa tahun ambil S1 bang ?
    A : Cuma 2 tahun

    Q : Mata kuliah apa aja yang sama sewaktu di D3 kemarin bang ?
    A : Jarkom, Algoritma, English I dan II, Pengantar Manajemen, Kewarganegaraan dan mata kuliah lainnya haha

    Q : Mata kuliah yang disukai ?
    A : ESP English for Computer, karena kita belajar tentang hal komputer yang umum dalam bahasa Inggris.

    Q : Mata kuliah yang dibenci ?
    A : Kalau memang ada bagus enggak usah kuliah deh haha

    Jadi gini, perkuliahan dan mata kuliahku berbeda dengan mahasiswa yang dari semester 1 karena saya mahasiswa transferan dari D3. Jadi mata kuliah yang sama antara S1 dengan D3 tidak diambil lagi, jadi sisa mata kuliahnya yang di S1 itulah diambil. 

    Ada yang bilang kalo dari D3 lanjut ke S1 itu paling 1 tahun. Tidak juga loh, buktinya aku 2 tahun haha. Itu yang 1 tahun karena kuliahnya D3 dengan S1 di kampus yang sama, dan juga tinggal ambil sedikit mata kuliah untuk ke S1 dan biayanya tidak terlalu mahal. Yaa kalau ambil S1 nya dikampus lain belum pasti 1 tahun kan ya, karena harus mencocokkan mata kuliah yang sama. Jadi semakin banyak mata kuliah yang tidak sama semakin lamalah waktu kita untuk menyandang gelar sarjana.

    Saya sendiri D3 Komputerisasi Akuntansi melanjut ke S1 Sistem Informasi. Kalau dilihat dari nama jurusannya kurang sinkron eaakk apasih, setidaknya mata kuliah mengenai komputer ataupun program ada yang sama. Karena mata kuliah D3 sudah disortir maka saya ambil S1 selama 2 tahun. Seharusnya 2,5 tahun karena banyak yang tidak sama. So, ada 5 mata kuliah yang harus di SP kan (Semester Pendek) karena mata kuliah lainnya sudah dipadatkan sampai hari sabtu. Kan lucu kan ya kalau 5 mata kuliah dikuliahkan 1 semester lagi haha.

    Jadi inti singkatnya perkuliahanku mengenai mata kuliah ini begini. Ibaratkan D3 ada 3 mata kuliah dan S1 ada 5 mata kuliah, berarti ada sisa 2 mata kuliah lagi untuk memenuhi S1. Berapa banyak sisanya itulah yang jadi lamanya ambil S1. Jadi bagi kalian yang ingin menyambung D3 nya ke S1 harus melihat jurusannya ada hubungan atau tidak. Jika tidak, maka itu sama saja mengulang S1 dari semester 1 dan itu membuat kuliah selama 4 tahun karena akan ada banyak mata kuliah yang tidak sama.

    Saya di semester ganjil tahun 2016 ada masuk ke semester 1, 3 dan 5. Berarti ada 5 kelas yang dimasuki karena di semester 3 ada 3 kelas yang berbeda. Kebayangkan di 1 semester ada 5 kelas, jadi kalau jalan kesetiap lantai pasti jumpa sama teman kelas yang lain semester haha. Sedangkan di semester genap sekarang ada semester 2 dan 4, termasuk mata kuliah peminatan. Disini aku masuk di 3 kelas termasuk kelas peminatan. Karena semester 4 di Universitas Potensi Utama atau biasa disingkat UPU ada mata kuliah peminatan, ada 2 yaitu CIS (Corporate Information System) dan GIS (Graphic Information System). Saya milih peminatan CIS karena lebih suka hal yang berbau coding, sedangkan kalau GIS lebih ke desain grafis. 

    Jadi di semester lalu itu ada mata kuliah yang isi pembelajarannya sama dengan di D3, yaitu Web Desain (S1) dengan Pemrograman Internet (D3) sama sama belajar dasar dasar html. Jadi saya pas belajar Web Desain santai saja karena sewaktu D3 sudah belajar dasar dasarnya hehe. Selain itu juga ada teman yang nanya samaku mengenai mata kuliah Jaringan Komputer, tetapi mereka menggunakan aplikasi Sisco Packet Tracer sedangkan saya di D3 tidak menggunakan aplikasi tetapi langsung dengan IP jaringan komputernya. Disini sudah nampak lain kampus lain mata kuliah tetapi pembelajarannya sama, dan juga lain kampus mata kuliah sama tetapi pembelajarannya lain.

    Beberapa pengaruh positif mata kuliah bagi mahasiswa transferan :
    1. Menjadi dekat dengan adik kelas atau adik tingkat. Karena bisa belajar bersama yang mata kuliah atau isi pembelajarannya sama sewaktu D3
    2. Karena sisa mata kuliah maka kelas pindah pindah. Dengan ini teman akan banyak bertambah 
    3. Disegani tapi tetap berteman. Bukan karena umur, tapi sudah ada banyak ilmu yang didapatkan sebelumnya 
    4. Kadang dapat perhatian dari dosen karena isi pembelajarannya sama dengan D3 dulu

    Pengaruh negatif mata kuliah bagi mahasiswa transferan :
    1. Semakin banyak mata kuliah yang tidak sama maka semakin lama selesai kuliahnya
    2. Jadwal kuliah akan semakin padat karena mata kuliah dipadati untuk waktu selesai yang tepat

    { 6 komentar... read them below or Comment }

    1. Mantap nih Infonya.. Mata kuliah dapat, walapun harus diulang, malah akan semakin bagus.. Teman juga makin bertambah.. Pokoknya, hidup mahasiswa..
      Hahaha..

      BalasHapus
    2. iya betul gan, beda kampus beda isi pembelajaran dari mata kuliah itu. semoga bermanfaat bagi yang lain infonya.

      BalasHapus
    3. Semangat teruss kawan untuk menyelesaikan S1 mu...

      BalasHapus
    4. info yang sangan membantu gan sukses terus gann

      BalasHapus

  • Copyright © 2013 - David Asc Official Blog

    Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan

    Scroll to top