• Posted by : David Asc Official Blog Minggu, 22 Desember 2013

    Semalam, tepatnya tanggal 21 Desember 2013, saya dan dua orang sepupu saya pergi melihat penangkaran buaya yang berada di Taman Buaya Asam Kumbang. Taman buaya ini atau disebut penangkaran ini berada di Kelurahan Medan Sunggal. Taman buaya ini beralamat di Jl. Bunga Raya 2 No. 54 Sunggal, daerah Asam Kumbang. Yaa sekitar 10 km dari pusat kota Medan.

    Taman buaya ini adalah tempat perkembangbiakan yang dikelola oleh penduduk lokal. Pemilik ribuan buaya ini adalah Lo Than Mhok. Dia memelihara buaya dari kecil sejak tahun 1959 dan berkembangbiak ribuan sampai saat ini. 
    Buaya yang berumur 11 tahun

    Lokasi taman buaya ini dibuat bersebalah di rumah Lo Than Mhok. Disitu ada warung, nah disanalah kita membeli tiket seharga Rp 6.000 per orang. Kita juga bisa membeli makanan atau pun minuman, dan juga bisa membeli souvenir.
    Buaya sedang berjemur

    Setelah membeli tiket, langsung masuk kedalam dan kamu akan disambut oleh puluhan hewan bertaring yang ditempatkan di bak besar. Disitu juga diberitahu buaya tersebut berumur berapa tahun. Setelah berjalan terus kedalam, maka kamu akan menjumpai rawa luas yang dipagari besi dan airnya dipenuhi oleh lumut. Nah disitu berserak ratusan buaya yang bergerak bebas.

    Disitu kita juga bisa melihat hewan lainnya seperti ular piton, kura-kura, monyet dan juga bebek yang nantinya diberi untuk buaya jika ada pengunjung yang ingin memberi makan buaya. Harga memberi makan buaya Rp 30.000 per bebek :v
    Buaya ekor buntung

    Bagaimana jalan ke Taman Buaya ini ?

    Jika kalian tahu simpang pos, nah dari situ langsung kearah jalan simpang pajak/pasar melati (pamela). Dari pamela belok kanan, jalan terus dan melewati tempat rumah doa yaitu Valengkani di jalan bunga sakura. Lewati simpang valengkani, sekitar 2 km di sebelah kanan ada PDAM. Nah tidak jauh sebelah kanan PDAM itu ada jalan dan ada gapura yang bertuliskan "SELAMAT DATANG" dan ada lambang kota medan dan buaya. Nah masuk kedalam,sekitar 100 meter, disebelah kanan maka anda sudah masuk ke taman buaya tersebut.
     Gapura Taman Buaya

    Buaya yang sedang makan

    { 2 komentar... read them below or Comment }

  • Copyright © 2013 - David Asc Official Blog

    Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan

    Scroll to top